Dilansir Katadata.co.id, Berikut Penjelasan Tentang Sembelit Dan Cara Atasi Sembelit

Seperti yang dilansir katadata.co.id, bahwa masyarakat di Indonesia ini merupakan masyarakat yang sangat sibuk sekali dalam melakukan kegiatannya. Ada banyak sekali orang-orang beraktivitas diluar ruangan baik itu bekerja, sekolah ataupun kegiatan lainnya. Tentunya tak jarang karena terlalu sibuk dalam melakukan suatu aktivitas pekerjaan kebanyakan diantara kita melupakan kesehatannya mulai dari tidak menjaga pola hidup sehat dengan tidak sempat melakukan olahraga ataupun bahkan konsumsi makanan sembarangan yang tidak baik untuk kesehatan.

Karena hal inilah sehingga terjadi permasalahan kesehatan yang mungkin sering kali disebabkan oleh faktor-faktor sepele seperti karena salah konsumsi makanan yang tidak baik untuk tubuh. Salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan banyak karena kesalahan konsumsi makanan yang sembarangan atau tidak sehat adalah gangguan sembelit. Sembelit sendiri merupakan gangguan kesehatan pada pencernaan yang sudah umum dan banyak terjadi diantara kita. Lalu apa itu sembelit, penyebabnya dan bagaimana cara atasi sembelit praktis dirumah, berikut ini penjelasannya.

Penjelasan Sembelit Menurut Katadata.co.id

Sembeli merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering kali dialami banyak orang. Kondisi sembelit ini sudah menjadi umum dan banyak diketahui oleh masyarakat, namun begitu terkadang masyarakat menganggap sepele mengenai faktor penyebab permasalahan sembelit itu sendiri. Sembelit sendiri menurut katadata.co.id sendiri adalah suatu gangguan pencernaan yang menyebabkan frekuensi buang air besar menjadi berkurang. Sembelit atau sering juga disebut konstipasi ini memiliki gejala misalnya mulai dari rasa mengganjal saat buang air besar, mengejan saat BAB (buang air besar), serta kondisi feses kering, menggumpal, dan keras. Gangguan kesehatan karena sembelit ini meskipun terlihat sepele tentu akan sangat menganggu aktvitas jika terus dibiarkan dan tidak ditangani dengan baik.

Gangguan kesehatan sembelit ini pada umumnya disebabkan oleh banyak faktor awal yang menjadi asal mula kebanyakan terjadinya gangguan kesehatan ini seperti mulai dari pola makan yang tidak sehat atau kurang konsumsi makanan yang memiliki serat, pola hidup yang tidak baik dengan jarang melakukan olahraga atau tidak aktif bergerak. Namun dalam beberapa kondisi, sembelit juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain mulai dari usia hingga beberapa kondisi riwayat penyakit tertentu. Bagi kamu yang mungkin mengalam gangguan sembelit ringan, tentu kamu bisa mengobatinya dengan penanganan yang tepat.

Cara Atasi Sembelit Secara Praktis Menurut Katadata.co.id

Bagi kamu yang mungkin mengalami gangguan kesehatan karena sembelit ringan seperti penjelasan yang telah unimat.ac.id rangkum diatas, tentu memerlukan pengobatan dan penanganan yang tepat untuk mengatasi gejala gangguan sembelit ini. Penanganan yang tepat dapat menghilangkan sembelit, selain itu juga kamu bisa mengatasi gejala sembelit ini secara praktis dirumah. Berikut inilah cara atasi sembeli secara praktis menurut katadata.co.id yang bisa kamu lakukan dirumah.

1. Minum Air Putih Lebih Banyak Dan Hindari Kafein

Salah satu cara mudah untuk atasi sembelit secara praktis dirumah menurut katadata.co.id adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih atau air minum. Memastikan tubuh memiliki asupan air atau mineral yang cukup dan tidak terdehidrasi tentu akan membantu untuk mengurangi dan mengatasi gejala gangguan kesehatan karena sembelit. Selain itu juga, hindari konsumsi minuman kafein ataupun alkohol yang dimana dua minuman ini bisa memicu dehidrasi yang tentu akan memperburuk kondisi sembelit pada tubuh kamu.

2. Perbanyak Makanan Dengan Kandungan Kaya Serat

Cara mudah untuk atasi dan menghilangkan gangguan kesehatan karena sembelit yang praktis serta mudah kamu lakukan dirumaha dalah dengan perbanyak maknan dengan kandungan kaya serat. Seperti kita ketahui bahwa kondisi gangguan kesehatan karena sembelit salah satu faktor lain penyebabnya adalah karena kurang asupan serat pada tubuh. Dengan konsumsi makanan dengan kandungan tinggi serat dapat meningkatkan jumlah dan konsistensi tinja dengan menyerap air dari makanan. Serat juga akan melembutkan tekstur tinja, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Salah satu cara yang juga bisa dilakukan dengan mudah secara praktis dirumah untuk mengatasi gangguan sembelit pada tubuh adalah dengan melakukan olahraga ringan. Melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, bersepeda santai dapat menguangi gejala sembelit.

Tentu menjaga pola hidup sehat dengan mulai menjaga asupan makan dengan nutrisi serta gizi seimbang dan rutin melakukan olahraga sehat merupakan salah satu cara wajib untuk menjaga pola badan agar tetap sehat serta fit dan juga bisa mengurangi resiko terjadinya gangguan kesehatan yang berat ataupun ringan, termasuk seperti gangguan kesehatan karena sembelit tadi.

 

Leave a Comment